Program Alih Perguruan Tinggi

Program Alih Perguruan Tinggi Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta

Mahasiswa alih perguruan tinggi adalah mahasiswa yang belum menyelesaikan studi di perguruan tinggi asal baik negeri atau swasta dan pindah ke Program Studi yang sama di ITDA.

Ketentuan :

  1. Mahasiswa Program Sarjana dan Diploma dari perguruan tinggi negeri atau swasta dapat pindah ke ITDA dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut :
    1. Berasal dari jenjang dan program studi yang serumpun baik program sarjana atau diploma.
    2. Akreditasi Program studi Perguruan Tinggi Negeri asal B atau lebih tinggi.
    3. Calon mahasiswa tercatat di Pangkalan Data DIKTI.
    4. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif dalam semester berjalan dari program studi asal.
    5. Masa studi calon mahasiswa diberlakukan selama 7 tahun untuk Program Sarjana dan 4 tahun untuk Program Diploma Tiga dengan mengakumulasikan masa studi dari perguruan tinggi asal.
    6. Memiliki surat keterangan pengunduran diri dari perguruan tinggi asal.
  2. Mata kuliah yang sudah ditempuh dan dinyatakan lulus di Perguruan Tinggi asal dapat diakui sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sesuai dengan kurikulum Program Studi yang dituju.
  3. Memiliki transkrip nilai yang disahkan oleh Ketua Program Studi dan Ketua atau Rektor dari Perguruan Tinggi asal.

Pendaftaran dan Seleksi :

  1. Calon mahasiswa alih perguruan tinggi melakukan proses pendaftaran secara online.
  2. Calon mahasiswa alih perguruan tinggi dinyatakan lulus seleksi jika tim seleksi yang dibentuk oleh Program Studi menyatakan lulus seleksi.

Biaya Perkuliahan :

  1. Calon Mahasiswa alih perguruan tinggi dikenai biaya perkuliahan mengikuti aturan Rektor yang berlaku.

Penutup :

  1. Peraturan ini berlaku sejak disahkan oleh Rektor.
  2. Hal yang timbul sebagai akibat pelaksanaan ketentuan ini, akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Alur Pendaftaran Mahasiswa Alih Perguruan Tinggi adalah sebagai berikut:

01

Isi Form Pendaftaran

Silakan mengisi form pendaftaran sesuai data yang benar.

02

Cek Email

Cek Inbox pada Email yang digunakan waktu mengisi form pendaftaran, terdapat ID Pendaftar, Password, Nomor Rekening dan Jumlah Pembayaran Pendaftaran.

03

Melakukan Pembayaran

Silahkan melunasi pembayaran pendaftaran melalui Teller Bank atau ATM, ke Nomor Virtual Account BNI

04

Login Portal PMB

Silahkan kembali mengunjungi portal PMB di pmb.stta.ac.id kemudian pilih menu "Login", gunakan Username dan Password yang tertera di email untuk melakukan proses otetifikasi sistem.

05

Upload Berkas

Calon menggunggah dokumen pada form yang disediakan ditambah transkrip nilai dari perguran tinggi asal yang kedua dokumen itu telah dilegalisir.

06

Ubah Status

Cek semua tahapan proses, apabila sudah merasa lengkap silakan mengubah status agar data pendaftar segera di verifikasi oleh admin PMB.

07

Registrasi dan Kelengkapan Dokumen

Apabila Calon mahasiswa dinyatakan diterima, calon mahasiswa melakukan pembayaran perkuliahan dan melengkapi dokumen yang diunggah berupa surat pernyataan kesanggupan menyelesaikan studi tepat waktu.

08

Selesai

Proses Pendaftaran Selesai.