Program Alih Jalur

Program Alih Jalur Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta

Mahasiswa alih jalur adalah mahasiswa yang masuk ke Program Studi ITDA dengan mentransfer mata kuliah yang telah diperolehnya dari Program Studi asal, baik dari dalam lingkungan ITDA sendiri maupun dari luar ITDA yang telah menyelesaikan pendidikan Program Diploma Tiga.

Ketentuan :

  1. ITDA menerima lulusan Program Diploma Tiga dari Perguruan Tinggi negeri atau swasta dengan program studi yang serumpun pada program sarjana dengan pertimbangan daya tampung dan kesesuaian kurikulum.
  2. Konversi nilai transkrip Perguruan Tinggi asal maksimum 80 SKS.
  3. Konversi terhadap mata kuliah yang telah ditempuh sebelumnya ditetapkan oleh Program Studi melalui tim yang beranggotakan dosen Program Studi.
  4. Calon mahasiswa memiliki Ijazah Diploma Tiga dari Program Studi di Perguruan Tinggi negeri atau swasta yang serumpun yang telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) minimal B dan dinyatakan lulus seleksi.
  5. Calon mahasiswa menandatangani surat pernyataan kesanggupan menyelesaikan studi maksimum 4 semester.
  6. Calon mahasiswa yang sedang bekerja wajib mendapat surat ijin dari atasan tempat bekerja.
  7. Prosedur pendaftaran calon mahasiswa peserta diatur pada Pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru ITDA.

Pendaftaran dan Seleksi :

  1. Calon mahasiswa alih jalur melakukan proses pendaftaran secara online.
  2. Calon mahasiswa alih jalur dinyatakan lulus seleksi jika tim seleksi yang dibentuk oleh Program Studi menyatakan lulus seleksi.

Biaya Perkuliahan :

  1. Calon Mahasiswa alih jalur dikenai biaya perkuliahan mengikuti aturan Rektor yang berlaku.

Penutup :

  1. Peraturan ini berlaku sejak disahkan oleh Rektor.
  2. Hal yang timbul sebagai akibat pelaksanaan ketentuan ini, akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Alur Pendaftaran Mahasiswa Alih Jalur adalah sebagai berikut:

01

Isi Form Pendaftaran

Silakan mengisi form pendaftaran sesuai data yang benar.

02

Cek Email

Cek Inbox pada Email yang digunakan waktu mengisi form pendaftaran, terdapat ID Pendaftar, Password, Nomor Rekening dan Jumlah Pembayaran Pendaftaran.

03

Melakukan Pembayaran

Silahkan melunasi pembayaran pendaftaran melalui Teller Bank atau ATM, ke Nomor Virtual Account BNI

04

Login Portal PMB

Silahkan kembali mengunjungi portal PMB di https://pmb.stta.ac.id kemudian pilih menu "Login", gunakan Username dan Password yang tertera di email untuk melakukan proses otetifikasi sistem.

05

Upload Berkas

Calon menggunggah dokumen pada form yang disediakan ditambah dokumen Ijasah sebelumnya dan transkrip nilai yang telah disahkan dan surat keterangan keluar dari data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi perguruan tinggi asal.

06

Ubah Status

Cek semua tahapan proses, apabila sudah merasa lengkap silakan mengubah status agar data pendaftar segera di verifikasi oleh admin PMB.

07

Registrasi dan Kelengkapan Dokumen

Apabila Calon mahasiswa dinyatakan diterima, calon mahasiswa melakukan pembayaran perkuliahan dan melengkapi dokumen yang diunggah berupa surat pernyataan kesanggupan menyelesaikan studi tepat waktu.

08

Selesai

Proses Pendaftaran Selesai.